PEMBELAJARAN TERLENGKAP 2018


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                     : SDN Bangkit Jaya
Mata Pelajaran                          : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                         : V / I
Alokasi Waktu                          : 1 x 35 Menit

I. Standar Kompetensi 
1.    Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia. 

II. Kompetensi Dasar 
1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia

III. Tujuan Pembelajaran
A. Kognitif
1. Produk :
- Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan pengertian kegiatan ekonomi dengan benar
- Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan 5 contoh jenis-jenis usaha di Indonesia dengan benar
2. Proses :
- Melalui kerja kelompok siswa dapat menjelaskan 3 kegiatan ekonomi di
  Indonesia
- Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan jenis-jenis usaha di indonesia

B. Afektif
1. Karakter :
- Siswa bekerja sama dalam mengerjakan tugas
- Siswa bertanggung jawab dalam mengerjakan
2. Keterampilan social :
- Siswa bertanya sesuai dengan materi yang diajarkan
- Siswa aktif dalam mengerjakan diskusi

IV. Materi Pokok
- Jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di indonesia

V. Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Kooperatif Tipe STAD
Metode Pembelajaran:
Ø  Ceramah
Ø  Tanya Jawab
Ø  Diskusi
Ø  Penugasan

VI. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan
  • Kegiatan Awal (waktu ± 5 menit)
F Mengucapkan salam
F Hening sejenak (berdoa) untuk memusatkan perhatian murid
F Mengabsen kehadiran murid
F Apersepsi yakni tanya jawab dengan murid dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya.
F Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai serta menggali pengetahuan awal murid.
F Membagi murid ke dalam kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 orang


B. Inti
  • Kegiatan Inti (waktu ± 55 menit)
F  Menyajikan materi pelajaran tentang Kegiatan Ekonomi dengan menggunakan media gambar
F  Mengarahkan murid duduk berkelompok serta membagikan lembar kerja murid (tugas) kepada setiap kelompok untuk didiskusikan bersama teman kelompoknya (guru mengamati jalannya diskusi)
F  Guru memperingatkan murid agar meminta bantuan kepada teman kelompok atau guru apabila mengalami kesulitan belajar
F  Anggota kelompok yang sudah menguasai materi pelajaran diminta untuk menjelaskan pada anggota kelompoknya sampai semua anggota kelompok mengerti dan memahami materi yang didiskusikan
F  Pemeriksaan hasil kegiatan kelompok. Setiap kelompok membacakan hasil diskusinya di depan kelas,
F  Pemberian soal-soal tes secara individual (kuis) kepada setiap murid dalam kelompok. Pada saat menjawab soal-soal tes secara individual (kuis) setiap murid tidak diperbolehkan saling kerjasama
F  Guru memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok
F  Guru bersama murid menyimpulkan materi pembelajaran

C. Penutup
  • Kegiatan Akhir (waktu ± 10 menit)
F  Guru memberikan motivasi berupa pesan-pesan moral kepada murid
F  Guru mengajak murid untuk berdoa sebelum mengakhiri pertemuan
F  Guru mengucapkan salam penutup

VII. Sumber/Media Pembelajaran
  1. Sumber
F  KTSP ( silahkan di sesuaikan dengan kurikulum 2013 )
F  Buku Paket IPS Kelas V SD, Penerbit Depdiknas DOWNLOAD

  1. Media
F  Contoh gambar kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat

VIII.   Penilaian

Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§    Semangat kebangsaan : Cara berfikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
§    Cinta tanah air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa
§    Gemar membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
§    Menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat indonesia
§    Memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok
§    Memberikan contoh cara menghargai kegiatan orang dalam usaha
§    Memberi contoh kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi di indonesia
Tertulis
Jawab Singkat
Sebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat indonesia.
Berilah contoh usaha yang ada disekitar rumahmu baik dikelola swasta atau pemerintah.
Jelaskan cara kita menghargai kegiataan orang dalam berusaha.
Tuliskan contoh kegiatan produksi dan distribusi di Indonesia.
Berilah contoh kebiasaan masyarakat disekitar kita dalam kegiatan konsumsi

Format Kriteria Penilaian     
Ø Produk ( hasil diskusi )
No
Aspek
Kriteria
Skor
1
Konsep
* Semua Benar
* Sebagian Besar Benar
* Sebagian Kecil Benar
* Semua Salah
4
3
2
1
Ø Performansi
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.




2.
Pengetahuan




Sikap

* Pengetahuan
* Kadang - Kadang Pengetahuan
* Tidak Pengetahuan


* Sikap
* Kadang - Kadang Sikap
* Tidak Sikap

4
2
1


4
2
1

Lembar Penilaian
No
Nama Peserta Didik
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






 
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


        Mengetahui                                                                                                                                         Sunagi Keruh,  November 2018
                Tutor                                                                                                Mahasiswa



     AMINAH, S.Pd.SD.                                                                                   MARLINA
NIP. 19650410 198508 2001                                                                      NIM. 835893331


Posting Komentar

SISWA BARU

contoh SK Bendahara PUMC terbaru

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUAS...

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget